Sebelum Belanja Makanan Kaleng, Perhatikan 13 Hal Penting Ini

Sebelum Belanja Makanan Kaleng, Perhatikan 13 Hal Penting Ini

KEPRIMOBILE.COM (KMC) , Para ibu pasti memiliki kewajiban untuk melengkapi seluruh kebutuhan rumah tangga, termasuk kebutuhan pangan.

Kini di pasaran sudah banyak tersedia makanan dalam bentuk kemasan yang praktis dan mudah disimpan.

Meski praktis, ibu sebaiknya lebih teliti saat memilih dan membeli makanan kemasan.

Direktorat Standarisasi Produk Pangan Badan POM, melalui Yusra Egayanti, SSi Apt, mengatakan ada beberapa hal yang harus dicermati para ibu dalam memilih dan membeli pangan dalam kemasan. Apa saja?

1. Label Pangan

Label kemasan adalah setiap keterangan mengenai makanan yang berbentuk gambar, tulisan, kombinasi keduanya atau bentuk lain yang disertakan pada pangan. Baik yang dimasukkan, ditempel atau merupakan bagian kemasan pangan.

Dalam label pangan terdapat sejumlah informasi pangan olahan. Misalnya, nama produk, daftar bahan, berat bersih, dan sebagainya.

2. Nama Pangan Olahan

Nama pangan terdiri dari nama jenis yang merupakan keterangan identitas pangan. Kedua, nama dagang yang terdiri dari nama, gambar, kata, huruf atau kombinasinya.

3. Daftar Bahan dan Berat/ Isi Bersih

Daftar bahan atau komposisi berurutan dimulai dari jumlah terbanyak. Lalu berat bersih atau isi bersih, yaitu jumlah pangan olahan yang ada di dalam kemasan biasanya memiliki satuan gram atau mililiter.

4. Nama dan Alamat Produsen

Coba lihat pada kemasan, makanan yang baik akan tertera nama dan alamat produsen atau importir pada kemasan.

5. Nomor Pendaftaran Pangan

Lihat nomor pendaftaran yang dikeluarkan oleh Badan POM, yang terdiri dari 12 digit angka. Atau nomor pendaftaran Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota, terdiri dari 15 digit angka.

6. Kode Produksi dan Keterangan Kedaluwarsa

Sebelum membeli, perhatikan keterangan kedaluwarsa. Biasanya tertulis “baik digunakan sebelum: tanggal, bulan, tahun” atau hanya “bulan, tahun” saja.

7. Petunjuk Penggunaan atau Penyimpanan

Coba cari pada kemasan makanan kalimat “kocok dahulu atau shake before opening”. Atau kalimat misalnya, “1 sendok takar peres = 4.4g = 22kkal, 100 ml larutan normal = 3 sendok takar peres bubuk + 90 ml air = 66 kkal.(TRIBUNBATAM.COM)

468x60

No Responses

Leave a Reply